Sabtu, 04 April 2009

Campak = Gabagen = Kerumut


Penyakit Campak adalah satu penyakit berjangkit. Campak (Rubeola, Campak 9 hari) atau dikenal dengan sebutan Gabagen (dalam bahasa Jawa); atau Kerumut (dalam bahasa Banjar). Dalam istilah medisnya disebut juga dengan Morbili, Measles.

Campak adalah suatu infeksi virus yang sangat menular, yang ditandai dengan demam, lemas, batuk, konjungtivitis (peradangan selaput ikat mata/konjungtiva) dan bintik merah di kulit (ruam kulit).

Penyebab

Penyebabnya virus morbili (paramiksovirus).
Virus ini terdapat dalam darah dan sekret (cairan) nasofaring (jaringan antara tenggorokan dan hidung) pada masa gejala awal (prodromal) hingga 24 jam setelah timbulnya bercak merah di kulit dan selaput lendir.

Cara penularan melalui droplet dan kontak, yakni karena menghirup percikan ludah (droplet) dari hidung, mulut maupun tenggorokan penderita morbili/campak.
Artinya, seseorang dapat tertular Campak bila menghirup virus morbili, bisa di tempat umum, di kendaraan atau di mana saja. Penderita bisa menularkan infeksi ini dalam waktu 2-4 hari sebelum rimbulnya ruam kulit dan selama ruam kulit ada. Masa inkubasi adalah 10-14 hari sebelum gejala muncul.
Sebelum vaksinasi campak digunakan secara meluas, wabah campak terjadi setiap 2-3 tahun, terutama pada anak-anak usia pra-sekolah dan anak-anak SD. Jika seseorang pernah menderita campak, maka seumur hidupnya dia akan kebal terhadap penyakit ini.
Kekebalan terhadap campak diperoleh setelah vaksinasi, infeksi aktif dan kekebalan pasif pada seorang bayi yang lahir ibu yang telah kebal (berlangsung selama 1 tahun).

Orang-orang yang rentan terhadap campak adalah:
• bayi berumur lebih dari 1 tahun
• bayi yang tidak mendapatkan imunisasi
• remaja dan dewasa muda yang belum mendapatkan imunisasi kedua.

Gejala

Gejala mulai timbul dalam waktu 7-14 hari (referensi lain menyebutkan sekitar 10-20 hari, 2-5 hari) setelah terinfeksi, yaitu berupa:
- nyeri tenggorokan
- sariawan
- hidung meler
- batuk
- nyeri otot
- demam
- mata merah
- fotofobia (rentan terhadap cahaya, silau).
Namun, gejala ini tidak semuanya terjadai pada tiap penderita tergantung dari stamina masing-masing.

Gejala klinis dibagi menjadi 3 stadium, yakni:
• Stadium awal (prodromal)
• Stadium timbulnya bercak (erupsi)
• Stadium masa penyembuhan (konvalesen)

Stadium awal (prodromal)
Pada umumnya berlangsung sekitar 4-5 hari, ditandai dengan: panas, lemas (malaise), nyeri otot, batuk, pilek, mata merah, fotofobia (takut cahaya), diare karena adanya peradangan saluran pernapasan dan pencernaan.
Pada stadium ini, gejalanya mirip influenza.
Namun diagnosa ke arah Morbili dapat dibuat bila 2-4 hari kemudian muncul bintik putih kecil di mulut bagian dalam (bintik Koplik).di dinding pipi bagian dalam (mukosa bukalis) dan penderita pernah kontak dengan penderita morbili dalam 2 minggu terakhir.

Stadium timbulnya bercak (erupsi)

Ruam (kemerahan di kulit) yang terasa agak gatal muncul terjadi sekitar 2-5 hari setelah stadium awal. Ditandai dengan: demam meningkat, bercak merah menyebar ke seluruh tubuh, disertai rasa gatal. Ruam ini bisa berbentuk makula (ruam kemerahan yang mendatar) maupun papula (ruam kemerahan yang menonjol). Pada awalnya ruam tampak di wajah, yaitu di depan dan di bawah telinga serta di leher sebelah samping. Dalam waktu 1-2 hari, ruam menyebar ke batang tubuh, lengan dan tungkai, sedangkan ruam di wajah mulai memudar. Selanjutnya gejala tersebut akan menghilang sekitar hari ketiga.
Kadang disertai diare dan muntah.
Pada puncak penyakit, penderita merasa sangat sakit, ruamnya meluas serta suhu tubuhnya mencapai 40° Celsius. 3-5 hari kemudian suhu tubuhnya turun, penderita mulai merasa baik dan ruam yang tersisa segera menghilang.
Demam, kecapaian, pilek, batuk dan mata yang radang dan merah selama beberapa hari diikuti dengan ruam jerawat merah yang mulai pada muka dan merebak ke tubuh dan ada selama 4 hari hingga 7 hari.

Stadium masa penyembuhan (konvalesen)
Pada stadium ini, gejala-gejala di atas berangsur menghilang. Suhu tubuh menjadi normal, kecuali ada komplikasi.

Komplikasi

Pada anak yang sehat dan gizinya cukup, campak jarang berakibat serius. Namun komplikasi dapat terjadi karena penurunan kekebalan tubuh sebagai akibat penyakit Campak. Beberapa komplikasi yang bisa menyertai campak:
1. Infeksi bakteri : Pneumonia dan Infeksi telinga tengah
2. Kadang terjadi trombositopenia (penurunan jumlah trombosit), sehingga pendeita mudah memar dan mudah mengalami perdarahan
3. Ensefalitis (radang otak) terjadi pada 1 dari 1,000-2.000 kasus.
4. Bronkopnemonia (infeksi saluran napas)
5. Otitis Media (infeksi telinga)
6. Laringitis (infeksi laring)
7. Diare
8. Kejang Demam (step)

Diagnosa

Untuk mendiagnosa dapat dilakukan dengan:
• Secara klinis, yakni berdasarkan riwayat timbulnya penyakit (anamnesa) dan pemeriksaan fisik (physic diagnostic) seperti berdasarkan gejala dan ruam kulit yang khas.
• Pemeriksaan Penunjang, antara lain: pemeriksaan darah, serologis dan biakan virus (mahal).

Diagnosa Banding
Artinya, kemungkinan penyakit lain yang mirip dengan Campak, diantaranya:
• German measles
• Eksantema subitum
• Infeksi virus lain
• Infeksi Stafilokokus, dan lain-lain.

Pengobatan


Sebenarnya tidak ada pengobatan khusus untuk campak.

Ada dua cara pengobatannya. Untuk Campak dalam kondisi yang tidak berbahaya, cukup dengan:
Rawat jalan
• Cukup mengkonsumsi cairan dan kalori
• Pengobatan simptomatis, artinya mengurangi gejalanya saja, semisal: obat penurun panas (parasetamol / asetaminofen), obat batuk, dan lainnya. Yang terpenting adalah memperbaiki keadaan umum.
• Jika terjadi infeksi bakteri, diberikan antibiotic.

Dalam kondisi yang lebih akut sebaiknya:
Perlu rawat inap (opname)
Penatalaksanaan sesuai Standard Operational Procedure (sop) atau Prosedur Tetap.
Yang ini Pre Memori aja ya. (PM)

Tambahan dari saia:
• Dari dokter kenalan gua, katanya gak ada obatnya, tp disuruh minum Vitamin A. Katanya buat menjaga saluran pernafasannya (waktu bli obat, tukang obatnya bingung. "Ngapain pke vit" ktnya).
• Dari tmen2 saia, katanya disuruh minum Air Kelapa Muda. Biar cpet sembuh getoo.
• Dari artikel orang yang saia baca, katanya dia pake parutan jagung muda, trus diolesin getoo.
• Dari ibu saia, klo gatal dikasih obat CTM.
• Bersihkan baadan dengan cara membasahi kain, lalu usap ke seluruh tubuh. Setelah itu KERINGKAN
• Makan teratur dengan gizi baik, Jaga jangan sampai dehidrasi (krn biasanya disertai diare ringan), istirahat yang cukup.
• Walaupun sudah sembuh,tetapi biasanya ketahanan tubuh si penderita belum pulih total. Kondisi ini biasa berlangsung selama sebulan.





Tambahan lagi dari anonim:
"Kunir dan madu (kalo mau tambah kuning telurnya ayam kampung)" <-- ini kayaknya diminum kali yah
"resep obat cina: Mapoh, cari aja di toko2 obt cina, manjur tapi musti tanya sinshe pantang2nya"
"mandi pake air sirih. Sirih direbus pake air tentunya, lalu kasih tawas dikit lalu buat mandi hangat2"


Pencegahan

Vaksin campak merupakan bagian dari imunisasi rutin pada anak-anak. Vaksin biasanya diberikan dalam bentuk kombinasi/campuran dengan gondongan dan campak Jerman (vaksin MMR/mumps/gondongan, measles, rubella), disuntikkan pada otot paha atau lengan atas. Dalam bentuk MMR, dosis pertama diberikan pada usia 12-15 bulan, dosis kedua diberikan pada usia 4-6 tahun.
Jika hanya mengandung campak, vaksin campak untuk bayi diberikan pada usia 9 bulan.
**disadur dari beberapa sumber**

Catatan tambahan: seseorang bisa terkena campak LEBIH DARI SEKALI

thanks to Riesza ^_^
"Chinese medicine prescriptions: Mapoh, search aja toko2 OBT in china, potent but must ask sinshes pantang2nya" "bathing water use betel. Betel use boiled water of course, and love a little alum and create a shower hangat2"
- Sore throat - canker sores - runny nose - cough - sore muscles - fever - red eye - photophobia (susceptible to light, glare).
• Outpatient Self-consuming fluids and calories • symptomatic treatment, it means reducing the symptoms only, such as: hot-lowering drugs (paracetamol / acetaminophen), cough medicine, and others. Most important is to improve the general condition. • If there is bacterial infection, given antibiotics.


Baca Juga Artikel Menarik Lainnya :

59 komentar:

Puguh Setiawan A.Md mengatakan... Best Blogger Tips

makasih ya untuk infonya....
bermanfaat sekali, karena anak saya lg kena kerumut(campak)....
sekarang saya jadi lebih tenang lagi....

Anonim mengatakan... Best Blogger Tips

thank u banget ya informasinya:)

Anonim mengatakan... Best Blogger Tips

Anak ku baru kena campak(gabagen) trus orang tuaku bilang, biar cepet sembuh di kasih kunir dan madu (kalo mau tambah kuning telur ayam kampung). semoga cepet sembuh ya.....

Anonim mengatakan... Best Blogger Tips

Thanks buat infonya..saya jd lebih tenang.. Skrg putri saya yg berumur 7 bln sakit campak..smoga putri saya lekas sembuh..GB

Anonim mengatakan... Best Blogger Tips

thank u banget yah masukannya ... anak saya juga lagi kena kerumut ... dan gejala2nya juga ada yang seperti tersebut diatas... dari demam, flu . ruam di bagian wajah dan badan, n diare ....

andy mengatakan... Best Blogger Tips

suwon y informasinya, ini sgt berguna buat jaga2

Tangguh Danny Darmawan mengatakan... Best Blogger Tips

Saya sendiri menderita Gabag'en karena mulai TK sampai SMP sekarang saya tidak pernah disuntik imunisasi dan saya kurang memperhatikan gizi saya juga kesehetan saya... maka dari itu saya mencari informasi disini...
terimakasih atas informasinya

Anonim mengatakan... Best Blogger Tips

informatif sx.. TQ... Anak saya lg kena gabagen pdhl baru 5bulan kurang 1minggu, belum vaksin..dah kena

Anonim mengatakan... Best Blogger Tips

anak sy lg kena gabagen ni, n br pg ini sy sadar kalo anak sy kena gabagen.langsunglah cari2 info... slm 1 mggu demam,kurang napsu mkn, batuk pilek, sdh 2 hr demamny turun, trs muncul merah2 d dada n punggung. lega akhirny tau penyebab dia demam. mksh infony....

Anonim mengatakan... Best Blogger Tips

resep obat cina: Mapoh, cari aja di toko2 obt cina, manjur tapi musti tanya sinshe pantang2nya.

Anonim mengatakan... Best Blogger Tips

THX infonya kyaknya anakku kena gabaken nih....padahal baru 4.5 bulan...belom di imunisassi gabaken ...eh...kok udah kena.....

heri mengatakan... Best Blogger Tips

Onok maneh, mandi pake air sirih. Sirih direbus pake air tentunya, lalu kasih tawas dikit lalu buat mandi hangat2

Anonim mengatakan... Best Blogger Tips

mksh bwt infonya yg berharga bgt.. Anakq usia 3bln dh kna dabak.. Sediiih.. Tp syukurlah ada info ini.. Akhirnya anakq dbri minum air madu n mandi pke air mawar hangat...

Anonim mengatakan... Best Blogger Tips

saya terkena campak sekarang
padahal umur 19 tahun

Anonim mengatakan... Best Blogger Tips

anakku ternyata kena gabaken..tdnya bingung..abis meler..trus demam eh..besoknya kluar merah2..sakit apa nih?cari2 info ternyata gejalanya sama ama gabaken..skrg jadi tenang,dan udah aq kasih air kelapa ijo...thx infonya..

Anonim mengatakan... Best Blogger Tips

Saya pikir biduran..tapi kok 3 hari tidak ilang2 dan ada diarenya..tnyata campak. Umurku 42, bener2 tidak nyaman.

Anonim mengatakan... Best Blogger Tips

anak q kena beginian usia 8 bulan, awal gejala demam panas 3 hari udah ke dokter g sembuh juga, hari ke-4 keluar bercak merah dii badan nya nah aku bw lagi tu ke dokter anak yg sama, kata nya malah kena alergi obat demam yang di kasih sblum ny, jad nya di kasih obat anti alergi deh,, aneh nya dh minum obat anti alergi bercak merah nya gg hilang,, jadi buat aku bingung ni sakit apa??, banyak org bilang ni biduran, jd sbnar nya ni biduran atau alergi ya!!, just share aja..

woro_handayani mengatakan... Best Blogger Tips

terima kasih hari ini anakku juga kena krumut,dan sudah ku bawa ke dokter.mudahan cepat sembuh karena tgl 25nanti mau unas semoga cepat sehat kembali amiin

muchammad_yusuf mengatakan... Best Blogger Tips

Terima kasih, artikelnya sangat bermanfaat... setelah baca artikel ini jadi tahu kalau anakku lagi sakit campak, bukan typhus seperti hasil diagnosa minggu lalu. Yakin-nya setelah keluar bercak/ruam di kulit sekitar wajah dan leher, seperti yang ada dalam artikel di atas.

Anonim mengatakan... Best Blogger Tips

makasih infonya. . . Anak q juga lg kna penyakit itu. . . Sekarang aq jadi tenang

Anonim mengatakan... Best Blogger Tips

thanks inponya,, aku masih kena gabagen ni.. padahal usiaku dah 30 th.. sebelum keluar bintik merah, wah... rasanya gak karuan...

Anonim mengatakan... Best Blogger Tips

Terimakasih banget untuk infonya..anakku 11 bulan tanda2 nya persisi kayak gini jadi tenang..

Anonim mengatakan... Best Blogger Tips

bener2 membntu. Sya sdg kena pnykit ini. Bingung jga hrus diapain. Pa gak bleh kna angin iah?

Wamy mengatakan... Best Blogger Tips

Katanya emang ga boleh kena angin sih

wawan ganteng mengatakan... Best Blogger Tips

aq umur 17 kok kena campak y kak gmana cara nyembuhin ??? tolong bantu saya ??
tiba2 betol2 kayak ada glembung gtu di perut bawah sebelah kanan ...tolong di kasih tw saya kena penyakit apa kak 085855505513

wawan ganteng mengatakan... Best Blogger Tips

plisss

rendybleed89 mengatakan... Best Blogger Tips

umur saya 22. sedang mengidap campak/kerumut.. makasih infonya .. :)

thebeauty mengatakan... Best Blogger Tips

kayaknya q jg kenak nih,, hwaaa,,, :(

RSI SAKINAH MOJOKERTO mengatakan... Best Blogger Tips

RSI SAKINAH MOJOKERTO telp/sms : +6285648280307

Anonim mengatakan... Best Blogger Tips

anakku 18 bulan lg kena "gabag" langsung tak bw ke dokter dulu biar lebih jelas diagnosa dan informasinya....,,,

Anonim mengatakan... Best Blogger Tips

bayiku 10m baru saja sembuh dari campak. sempat panik kemarin. berarti besok tidak akan kena campak lagi ya??

ratyani mengatakan... Best Blogger Tips

msa q bs kna campk 3x sih???

Unknown mengatakan... Best Blogger Tips

tarimakasih info infonya lah.
lagi sakit barangnya nah,
kana karumut, asa panas miang miang kayini.

RSI SAKINAH MOJOKERTO mengatakan... Best Blogger Tips

makasih.............
rsi sakinah mojokerto telp/sms :08121674130

Anonim mengatakan... Best Blogger Tips

Istri saya sedang hamil 8 bulan kena gabagen sekarang, ada pengaruh bagi janin atai bayi nggak? trus obatnya apa? apa sama sengan yang nggak lagi hamil?

Tata mengatakan... Best Blogger Tips

dari tadi siang saya cari-cari nama keren "gabagen", dan baru aja nemu, ternyata campak. waaa..umur 20 tahun baru kena gabagen
dan saya pikir itu tidak menular. semoga tidak nular ke adek saya.
makasih infonya :)

Anonim mengatakan... Best Blogger Tips

wah saya sekarang jg gabagen padahal umur saya 29...mudah2an gak nular ke anakku coz si kecil suka dekat2 mamanya

Anonim mengatakan... Best Blogger Tips

gabag bikin ak cemas aja.kali kedua ni anakku kena gabag.kirain cuman sekali.tp setelah baca info ni aku jd tenang jg coz anakku ga bisa minum obat apapun...makasihhhhh ya infonya

era sindolpus mengatakan... Best Blogger Tips

makasih infonya ya,kali ini lagi ngrasain penyakit gituan,

Anonim mengatakan... Best Blogger Tips

thx info'nya ...

Al-Fajar mengatakan... Best Blogger Tips

mksih info_y, baru tau n' baru prnh kena pnykit ini aku...

F.G. Andrianus mengatakan... Best Blogger Tips

Thanks informasinya. Saya baru aja kena nih penyakit. Awalnya dipikir demam biasa, tapi kok aneh. Nah saran teman minum air kelapa (YANG LANGSUNG DARI BATOKNYA TANPA ES DAN GULA Yaaaa..), eh, badan jadi keluar merah semua, tapi setelahnya panas badan agak berkurang. Saran saya, langsung deh ke dokter dan jangan ditunda lagi. Sekarang ruam merahnya agak berkurang, biarpun gak sesadis kemarin. tapi agak sedikit gatal ya... :( ada yang bisa kasih tips?

Industry Maintenance mengatakan... Best Blogger Tips

makasih ya buat infonyaa

motivator indonesia mengatakan... Best Blogger Tips

wah makasih banget ya infonyaa

Parking mengatakan... Best Blogger Tips

makasih buat infonya

Armstrong ceiling mengatakan... Best Blogger Tips

makasih ya buat infonyaa sangat bermanfaat sekali

Jantung Koroner mengatakan... Best Blogger Tips

wahh, begitu ya, makasih ya buat infonyaa

Belajar Forex mengatakan... Best Blogger Tips

makasih infonya yaa

percetakan jakarta mengatakan... Best Blogger Tips

sangat bermanfaat sekali, makasih yaa

Anonim mengatakan... Best Blogger Tips

Saya 35thn dari semalem badan bintik2 merah, takut dbd jd sy kedokter dan di dokter untuk diagnosa db pake teknik dibendung (ditensi tp tdk dilepas selama 5menit). Walah dokternya blng wah ini ada db katanya, dan untk meyakinkan dikasihlah rujukan utk tes lab (blm sy lakukan). Nah sampe kntr temen2 sy bilang bukan db, begitupun wkt sore dirmh, ibu sy blng itu gabag. Waduh udah berumur tp masih bs kena ya. Obat yg manjur apa ya dan ini nular lewat udara ngga ya. Trims infonya.

ferry andi s. mengatakan... Best Blogger Tips

hari ini (9.02.2013) anakku sdh memasuki hari ke 4 dari panasnya kemaren. dan alhamdulillah jg sdh keluar bercak merahnya. tapi msh sebagian. ya smg aja bisa lkas keluar semua brcaknya. dan lkas smbuh.amin. dgn bca artikel ini ya saya jadi tmbh tenang.

Promo Bonus 100% Sbobet, Ibcbet dan Casino Online dalam rangka HUT BAVETLINE yang kedua mengatakan... Best Blogger Tips

wah ngeri juga ya, penyakit campak

Pesta Buku Jogja 2013 mengatakan... Best Blogger Tips

Ini beneran menular yaaa ...

Anonim mengatakan... Best Blogger Tips

ane kena ke 2 kali ini. Katanya cuma 1 kali -_-

Jogja Sleeping Bag mengatakan... Best Blogger Tips

Info penting bermanfaat

Sarif sajola mengatakan... Best Blogger Tips

Thank ea mudah2an jd pengalaman wat qita mua/...

wanti joyosudarmo mengatakan... Best Blogger Tips

Saya lg terkena gabagen diusia 50, tertua diantara yg lain.untung cucu sudah saya ungsikan kasihan lok tertular baru usia4,5 bln.seminggu dah ilang blum ya bercak merahnya? Matur nuwun infonya.

subanindro mengatakan... Best Blogger Tips

Usiaku 35 tahun kena kerumut karena tertular anak saya yang usianya 5 tahun, kondisi saya awalnya ditandai radang tenggorokan, flu, sakit kepala, batuk dan panas badan. Saya tetap makan meski muntah, dan diare. Lalu saya ke dokter; dpt obat utk radang, flu, sakit kepala, batuk, antibiotik, dan panas badan. Lumayan kondisi agak kondusif. Baru masuk hari kelima obat tidak mempan lagi. Kondisi lebih parah, panas badan mendekati 40 derajat C. Hari keenam keluar bercak merah2 di muka, leher, dan turun ke seluruh tubuh. Baru disimpulkan inilah kerumut. Saya ke dokter lagi; dpt obat antibodi dan obat panas. Perut mual2 jika masuk obat antibodi dan obat panas. Alhamdulillah panas badan turun. Terus serangan mata dan telinga muncul. Saya lawan dengan obat iritasi mata. Kini hari ke-13, udah membaik, meski harus berjuang untuk penyembuhan total, mudah2an tidak sampai 1 bulan. amien.

trimurtiningsih mengatakan... Best Blogger Tips

thanks atas infonya, ini lagi kena dan ini yang ke 2 kalinya, dan rasanya ga berdaya padahal tugas dan kegiatan kuliah lagi pada numpuk, semogalah tidak sampai ke tahap akutnya. :(

Poskan Komentar