Senin, 24 Agustus 2015

Rain of Posts

Beberapa bulan belakangan banyak post yang mengalir di blog ini. Alasannya simpel, tiba-tiba muncul hasrat buat nulis.

Sebenernya ga sepenuhnya gara itu aja. Tiba-tiba buanyaaaaaaaak inspirasi yang dateng. Daripada dibiarkan menguap gitu aja, mending sekalian ditulis. Lumayan buat 'senyum-senyum' di masa depan.

'Senyum-senyum'? Iya, senyum. Bikin timbul perasaan "Idih. Gue dulu ternyata kayak gini, yah". Pernah ngalamin, kan? Kalo belum pernah coba kalian ubek-ubek post beberapa tahun lalu kalian di Media Sosial.

Oke, sekip.

Ini inspirasi datengnya juga ga menentu. Kadang pas baca, kadang pas main, kadang pas kerja, kadang pas mengenang masa lalu, kadang pas boker. Paling sering, pas mau tidur.

Bayangin. Pas belum ngantuk tapi udah saatnya tidur. Kan itu dipaksa-paksa buat tidur, yah. Karena itu juga pikiran biasa melayang-layang entah kemana. Dan tahu-tahu malah dapet ide cerita. Alhasil, bukannya tidur, malah nulis konsep :(

Anyway, bentuk post yang ditulis juga macem-macem.

Pertama, Cerpen.
Ini bentuk paling simple, idenya paling gampang. Biasanya gue nulis pake sudut pandang orang pertama dan Theory of Mind (yang niatnya bakal dijelaskan di post berikutnya). Cerpennya ga sependek yang ada di majalah Bobo :)


Kedua, Teori.
Sesuai namanya, ini biasa diisi teori-teori ga jelas. Sekarang udah jarang nulis ginian gara-gara idenya susah.


Ketiga, Curhat.
Contohnya, kayak yang satu ini. Nuff said.


Keempat, Puisi.
Gue, yang sedari dulu gaaak pernah suka dan paham ama puisi, tiba-tiba nulis puisi. Mungkin buat mereka yang sudah biasa mengapresiasi puisi, yang gue buat ini belom bisa dibilang puisi beneran.

Kalau ada beberapa ide yang berbau-bau melankolis dan susah diungkapkan melalui cerpen, entah karena flagnya kurang, karena sekedar kurang sreg, atau cuma karena pengen bikin sesuatu yang amat sangat tersirat, biasanya langsung diramu menjadi bentuk ini.


Wasalam.


Yogyakarta, 24 Agustus 2015
"To my future self. Someday you will surely smile while reading this :)"


Baca Juga Artikel Menarik Lainnya :

0 komentar:

Posting Komentar